BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Jumat, 20 Juni 2014

KOLESTROL TINGGI


DAMPAK KOLESTROL TINGGI DALAM TUBUH *)
oleh : Ellyana febriant S. **)

 Pengertian kolestrol
Kolestrol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolestrol dalam darah berlebihan, maka bisa mengakibatkan penyakit, termasuk penyakit jantung,koroner dan stroke. Kolestrol yang normal harus di bawah 200 mg/dl. Apabila di atas 240 mg/dl, maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit seperti serangan jantung atau stroke. Kolestrol secara alami bisa dibentuk oleh tubuh, selebihnya di dapat dari makanan hewani, seperti daging, unggas, ikan, margarin, keju, dan susu. Adapun makanan yang berasal dari nabati, seperti buah, sayur, dan beberapa biji-bijian, tidak mengandung kolestrol. Kolestrol tidak larut dalam darah sehingga perlu berikatan dengan pengangkutnya, yaitu lipoprotein. Oleh karena itu pula kolestrol dibedakan menjadi Low-Density Lipoprotein (LDL) dan High-Density Lipoprotein (HDL).


Kolestrol jahat (Low Density Lipoprotein)

Kolestrol LDL adalah lemak yang jahat karena bisa menimbun pada dinding dalam dari pembuluh darah, terutama pembuluh darah kecil yang menyuplai makanan ke jantung dan otak. Timbunan lemak itu semakin lama semakin tebal dan keras, yang dinamakan arteriosklerosis, dan akhirnya menumbat aliran darah. Kolestrol LDL yang optimal adalah bila kadarnya dalam darah di bawah 100 mg/dl. Kolestrol LDL 100-129 mg/dl dimasukkan kategori perbatasan (borderline). Jika di atas 130 dan disertai afktor risiko lain seperti merokok, gemuk, diabetes, tidak berolah raga, apalagi jika sudah mencapai 160 atau lebih, maka segera perlu diberi obat.

Kolestrol baik (High Density Lipoprotein)

Kolestrol HDL disebut lemak yang baik karena bisa membersihkan dan mengangkut timbunan lemak dari dinding pembuluh darah ke hati. Kolestrol HDL yang ideal harus lebih tinggi dari 40 mg/dl untuk laki-laki, atau di atas 50 mg/dl untuk perempuan. Penyebab kolestrol HDL yang rendah adalah kurang gerak badan, terlalu gemuk, serta kebiasaan merokok. Selain itu hormon testosteron pada laki-laki, steroid anabolik, dan progesteron bisa menurunkan kolesterol HDL, sedangkan hormon estrogen perempuan menaikkan HDL.

Kadar Kolestrol Tinggi

Kolestrol tinggi umumnya diderita oleh orang gemuk, namun tidak menutup kemungkinan orang yang kurus juga bisa mengalaminya, apalagi dengan mengonsumsi makanan yang rendah serat namun lemaknya tinggi. Selain faktor makanan, kolesterol yang tinggi juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Oleh sebab itu, semua orang baik kurus apalagi gemuk, belum pernah menderita kolestrol apalagi yang sudah pernah mengalaminya, perlu menjaga makanan dengan mengurangi kadar kolestrol. Caranya antara lain dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat.

Faktor Penyebat Kolestrol Tinggi

1. Faktor yang tidak dapat dikontrol

a. Keturunan. Apabila ada keluarga yang berkolesterol tinggi, maka besar kemungkinannya anak memiliki bakat unutk mempunyai kolesterol yang tinggi, resiko adanya suatu gangguan kesehatan biasa 6 kali lebih besar menimpa anak dibanding orang tua.
b. Usia. Setelah usia 20, kolesterol cenderung meningkat. Pada pria, kolesterol akan mudah naik setelah umur 50 tahun. pada wanita, kolesterol akan mudah untuk naik setelah menopause.
2. Faktor yang dapat dikontrol

a. Makanan telalu banyak lemak jenuh, seperti mentega, biskuit, dan  makanan siap saji
b. kelebihan berat badan
c. Kurang berolahraga
d. Merokok
e. Gaya hidup yang tidak sehat
f. Stress
g. Diabetes mellitus
h. Minum kopi berlelbihan
i. Diet yang salah
j. Obesitas

Cara Menurunkan Kolestrol Tinggi

1. Olah Raga Secara Rutin
Bila kita jarang bergerak lemak dalam tubuh kita mengendap dan bisa mengakibatkan kolestrol tingggi, bila kita berolahraga badan akan sehat dan keringat akan mengeluarkan zat beracun, dan mengontrol kolestrol dalam nomal. Jarang berolahraga badan jadi gemuk dan itu akan beresiko akan banyak penyakit datang

2. Gunakan Minyak Zaitun
Minyak Zaitun banyak sekali fungsinya, disamping bagus untuk rambut dan kulit. Juga bagus untuk mengontrol kadar dalam darah kita.

3. Konsumsi Makanan Berserat
Dengan banyaknya antioksidan bisa membantu menurunkan kolestrol tinggi. Antioksidan diperoleh dari buah buahan dan sayur sayuran yang berserat. Seperti gandum, wortel, sayuran berwarna hijau dan buah buahan seperti jeruk, pepaya, pisang, wortel, stroberry.


Selain diatas dapat dengan cara berikut;

1. Bila tidak kuat melihat telur, dan ingin memakannya, makan telur boleh tapi putihnya saja.
2. Susu tanpa lemak sekarang sudah banyak di jual.
3. Makan daging boleh, dan daging yang boleh adalah daging ayam dan kelinci dan tanpa kulitnya.
4. Memasak sayur dengan cara di tumis dan sebagai lalapan.

Makanan yang harus dihindari agar usaha menurunkan kolesterol tinggi anda berhasil:

1. Goreng-gorengan dan Mentega. Bila terpaksa, gunakan minyak zaitun dan canola untuk menggoreng
2. Gajih sapi, gajih kambing daging, dan sapi berlemak.
3. Susu yang berlemak tinggi, sosis dan Keju
4. Kerang, kepiting, Udang, belut dan siput perlu dihindari.

Makanan yang sebaiknya dipantang karena tidak menurunkan kolesterol tinggi oleh karena kandungan
kolesterol yang sangat tinggi:

1. Kuning telur
2. Cumi-cumi
3. Telur puyuh
4. Otak sapi

*) tugas mata kuliah biokimia ( dosen pengampu R. suwasis hadi )
**) mahasiswa program studi pendidikan biologi umsurabaya (semester 3 )

0 komentar: